A.PENGERTIAN KOODINASI
1. HANI HANDOKO. Koordinasi (coordination) adalah proses pengintegrasian tujuan-tujuan dan kegiatan-kegiatan pada saturn-saturn terpisah (departemen atau bidang-bidang fungsional) suatu organisasi untuk mencapai tujuan.
2. AGUS SABARDI. Koordinasi adalah proses pengaturan dan penyingkrunan kegiatan-kegiatan yang berbeda sehingga mereka bekerja sama didalam mencapai tujuan organisasi.
B.MACAM KOORDINASI
KOORDINASI VERTIKAL yaitu tindakan-tindakan atau kegiatan penyatuan, pengarahan yang dijalankan oleh masa terhadap kegiatan-kegiatan untuk unit ketua yang ada dibawah wewenag dan tanggung jawab.
KOORDINASI HORIZONTAL adalah koordinasi yang mencangkup
- INTERDISIPLINARY, Adalah koordinasi dalam rangka mengarahkan menyatukan tindakan-tindakan untuk mewujudkan. menciptakan kedisiplinan antara unit satu dengan yang lainnya, secara individu dalam unit tugas yang sama.
- INTERRELATED, Adalah koordinasi antara badan atau instansi yang fungsinya satu sama lain berbeda-beda tetapi masa berlaku (pemasaran dengan prodws).
3. KEBUTUHAN KOORDINASI
- Saling ketergantungan yang menyatu (pooled interdevendence). Maksudnya koordinasi terdapat pada pelaksanaan kerja pada setiap aturan atau unit.
- Saling ketergantungan yang berurutan (soliential interpendence).
- Saling ketergantungan timbal balik hubungan ini terjadi saling memberi dan menerima dalam suatu organisasi.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "DEFINISI KOORDINASI"
Posting Komentar